oncontextmenu='return false'

Artikel dari Asrul "Boedi Oetomo"

Senin, 18 Oktober 2010

Sejarah 1908
Boedi Oetomo, merupakan wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur pengorganisasian modern. Didirikan di Jakarta, 20 Mei 1908 oleh pemuda-pelajar-mahasiswa dari lembaga pendidikan STOVIA, wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme Jawa yang ditampilkannya.
Pada konggres yang pertama di Yogyakarta, tanggal 5 Oktober 1908 menetapkan tujuan perkumpulan : Kemajuan yang selaras buat negeri dan bangsa, terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian, peternakan dan dagang, teknik dan industri, serta kebudayaan.
Dalam 5 tahun permulaan BU sebagai perkumpulan, tempat keinginan-keinginan bergerak maju dapat dikeluarkan, tempat kebaktian terhadap bangsa dinyatakan, mempunyai kedudukan monopoli dan oleh karena itu BU maju pesat, tercatat akhir tahun 1909 telah mempunyai 40 cabang dengan lk.10.000 anggota.
Disamping itu, para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Belanda, salah satunya Mohammad Hatta yang saat itu sedang belajar di Nederland Handelshogeschool di Rotterdam mendirikan Indische Vereeninging yang kemudian berubah nama menjadi Indonesische Vereeninging tahun 1922, disesuaikan dengan perkembangan dari pusat kegiatan diskusi menjadi wadah yang berorientasi politik dengan jelas. Dan terakhir untuk lebih mempertegas identitas nasionalisme yang diperjuangkan, organisasi ini kembali berganti nama baru menjadi Perhimpunan Indonesia, tahun 1925.
Berdirinya Indische Vereeninging dan organisasi-organisasi lain,seperti: Indische Partij yang melontarkan propaganda kemerdekaan Indonesia, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah yang beraliran nasionalis demokratis dengan dasar agama, Indische Sociaal Democratische Vereeninging (ISDV) yang berhaluan Marxisme, menambah jumlah haluan dan cita-cita terutama ke arah politik. Hal ini di satu sisi membantu perjuangan rakyat Indonesia, tetapi di sisi lain sangat melemahkan BU karena banyak orang kemudian memandang BU terlalu lembek oleh karena hanya menuju "kemajuan yang selaras" dan terlalu sempit keanggotaannya (hanya untuk daerah yang berkebudayaan Jawa) meninggalkan BU. Oleh karena cita-cita dan pemandangan umum berubah ke arah politik, BU juga akhirnya terpaksa terjun ke lapangan politik.
Kehadiran Boedi Oetomo,Indische Vereeninging, dll pada masa itu merupakan suatu episode sejarah yang menandai munculnya sebuah angkatan pembaharu dengan kaum terpelajar dan mahasiswa sebagai aktor terdepannya, yang pertama dalam sejarah Indonesia : generasi 1908, dengan misi utamanya menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan dikalangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan, dan mendorong semangat rakyat melalui penerangan-penerangan pendidikan yang mereka berikan, untuk berjuang membebaskan diri dari penindasan kolonialisme.
[sunting] 1928
Pada pertengahan 1923, serombongan mahasiswa yang bergabung dalam Indonesische Vereeninging (nantinya berubah menjadi Perhimpunan Indonesia) kembali ke tanah air. Kecewa dengan perkembangan kekuatan-kekuatan perjuangan di Indonesia, dan melihat situasi politik yang di hadapi, mereka membentuk kelompok studi yang dikenal amat berpengaruh, karena keaktifannya dalam diskursus kebangsaan saat itu. Pertama, adalah Kelompok Studi Indonesia (Indonesische Studie-club) yang dibentuk di Surabaya pada tanggal 29 Oktober 1924 oleh Soetomo. Kedua, Kelompok Studi Umum (Algemeene Studie-club) direalisasikan oleh para nasionalis dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik di Bandung yang dimotori oleh Soekarno pada tanggal 11 Juli 1925.
Diinspirasi oleh pembentukan Kelompok Studi Surabaya dan Bandung, menyusul kemudian Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), prototipe organisasi yang menghimpun seluruh elemen gerakan mahasiswa yang bersifat kebangsaan tahun 1926, Kelompok Studi St. Bellarmius yang menjadi wadah mahasiswa Katolik, Cristelijke Studenten Vereninging (CSV) bagi mahasiswa Kristen, dan Studenten Islam Studie-club (SIS) bagi mahasiswa Islam pada tahun 1930-an.
Dari kebangkitan kaum terpelajar, mahasiswa, intelektual, dan aktivis pemuda itulah, munculnya generasi baru pemuda Indonesia yang memunculkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda dicetuskan melalui Konggres Pemuda II yang berlangsung di Jakarta pada 26-28 Oktober 1928, dimotori oleh PPPI.
[sunting] 1945
Dalam perkembangan berikutnya, dari dinamika pergerakan nasional yang ditandai dengan kehadiran kelompok-kelompok studi, dan akibat pengaruh sikap penguasa Belanda yang menjadi Liberal, muncul kebutuhan baru untuk menjadi partai politik, terutama dengan tujuan memperoleh basis massa yang luas. Kelompok Studi Indonesia berubah menjadi Partai Bangsa Indonesia (PBI), sedangkan Kelompok Studi Umum menjadi Perserikatan Nasional Indonesia (PNI).
Secara umum kondisi pendidikan maupun kehidupan politik pada zaman pemerintahan Jepang jauh lebih represif dibandingkan dengan kolonial Belanda, antara lain dengan melakukan pelarangan terhadap segala kegiatan yang berbau politik; dan hal ini ditindak lanjuti dengan membubarkan segala organisasi pelajar dan mahasiswa, termasuk partai politik, serta insiden kecil di Sekolah Tinggi Kedokteran Jakarta yang mengakibatkan mahasiswa dipecat dan dipenjarakan.
Praktis, akibat kondisi yang vacuum tersebut, maka mahasiswa kebanyakan akhirnya memilih untuk lebih mengarahkan kegiatan dengan berkumpul dan berdiskusi, bersama para pemuda lainnya terutama di asrama-asrama. Tiga asrama yang terkenal dalam sejarah, berperan besar dalam melahirkan sejumlah tokoh, adalah Asrama Menteng Raya, Asrama Cikini, dan Asrama Kebon Sirih. Tokoh-tokoh inilah yang nantinya menjadi cikal bakal generasi 1945, yang menentukan kehidupan bangsa.
Salah satu peran angkatan muda 1945 yang bersejarah, dalam kasus gerakan kelompok bawah tanah yang antara lain dipimpin oleh Chairul Saleh dan Soekarni saat itu, yang terpaksa menculik dan mendesak Soekarno dan Hatta agar secepatnya memproklamirkan kemerdekaan, peristiwa ini dikenal kemudian dengan peristiwa Rengasdengklok.
[sunting] 1966
Sejak kemerdekaan, muncul kebutuhan akan aliansi antara kelompok-kelompok mahasiswa, diantaranya Perserikatan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (PPMI), yang dibentuk melalui Kongres Mahasiswa yang pertama di Malang tahun 1947.
Selanjutnya, dalam masa Demokrasi Liberal (1950-1959), seiring dengan penerapan sistem kepartaian yang majemuk saat itu, organisasi mahasiswa ekstra kampus kebanyakan merupakan organisasi dibawah partai-partai politik. Misalnya, PMKRI Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia dengan Partai Katholik,Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dekat dengan PNI, Concentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI) dekat dengan PKI, Gerakan Mahasiswa Sosialis Indonesia (Gemsos) dengan PSI, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berafiliasi dengan Partai NU, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dengan Masyumi, dan lain-lain.
Diantara organisasi mahasiswa pada masa itu, CGMI lebih menonjol setelah PKI tampil sebagai salah satu partai kuat hasil Pemilu 1955. CGMI secara berani menjalankan politik konfrontasi dengan organisasi mahasiswa lainnya, bahkan lebih jauh berusaha mempengaruhi PPMI, kenyataan ini menyebabkan perseteruan sengit antara CGMI dengan HMI dan, terutama dipicu karena banyaknya jabatan kepengurusan dalam PPMI yang direbut dan diduduki oleh CGMI dan juga GMNI-khususnya setelah Konggres V tahun 1961.
Mahasiswa membentuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) tanggal 25 Oktober 1966 yang merupakan hasil kesepakatan sejumlah organisasi yang berhasil dipertemukan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP) Mayjen dr. Syarief Thayeb, yakni PMKRI, HMI,PMII,Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Sekretariat Bersama Organisasi-organisasi Lokal (SOMAL), Mahasiswa Pancasila (Mapancas), dan Ikatan Pers Mahasiswa (IPMI). Tujuan pendiriannya, terutama agar para aktivis mahasiswa dalam melancarkan perlawanan terhadap PKI menjadi lebih terkoordinasi dan memiliki kepemimpinan.
Munculnya KAMI diikuti berbagai aksi lainnya, seperti Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), dan lain-lain.
Pada tahun 1965 dan 1966, pemuda dan mahasiswa Indonesia banyak terlibat dalam perjuangan yang ikut mendirikan Orde Baru. Gerakan ini dikenal dengan istilah Angkatan '66, yang menjadi awal kebangkitan gerakan mahasiswa secara nasional, sementara sebelumnya gerakan-gerakan mahasiswa masih bersifat kedaerahan. Tokoh-tokoh mahasiswa saat itu adalah mereka yang kemudian berada pada lingkar kekuasaan Orde Baru, di antaranya Cosmas Batubara (Eks Ketua Presidium KAMI Pusat), Sofyan Wanandi, Yusuf Wanandi ketiganya dari PMKRI,Akbar Tanjung dari HMI dll. Angkatan '66 mengangkat isu Komunis sebagai bahaya laten negara. Gerakan ini berhasil membangun kepercayaan masyarakat untuk mendukung mahasiswa menentang Komunis yang ditukangi oleh PKI (Partai Komunis Indonesia). Setelah Orde Lama berakhir, aktivis Angkatan '66 pun mendapat hadiah yaitu dengan banyak yang duduk di kursi DPR/MPR serta diangkat dalam kabibet pemerintahan Orde Baru. di masa ini ada salah satu tokoh yang sangat idealis,yang sampai sekarang menjadi panutan bagi mahasiswa-mahasiswa yang idealis setelah masanya,dia adalah seorang aktivis yang tidak peduli mau dimusuhi atau didekati yang penting pandangan idealisnya tercurahkan untuk bangsa ini,dia adealah soe hok gie
[sunting] 1974
Realitas berbeda yang dihadapi antara gerakan mahasiswa 1966 dan 1974, adalah bahwa jika generasi 1966 memiliki hubungan yang erat dengan kekuatan militer, untuk generasi 1974 yang dialami adalah konfrontasi dengan militer.
Sebelum gerakan mahasiswa 1974 meledak, bahkan sebelum menginjak awal 1970-an, sebenarnya para mahasiswa telah melancarkan berbagai kritik dan koreksi terhadap praktek kekuasaan rezim Orde Baru, seperti:
• Golput yang menentang pelaksanaan pemilu pertama di masa Orde Baru pada 1972 karena Golkar dinilai curang.
• Gerakan menentang pembangunan Taman Mini Indonesia Indah pada 1972 yang menggusur banyak rakyat kecil yang tinggal di lokasi tersebut.
Diawali dengan reaksi terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), aksi protes lainnya yang paling mengemuka disuarakan mahasiswa adalah tuntutan pemberantasan korupsi. Lahirlah, selanjutnya apa yang disebut gerakan "Mahasiswa Menggugat" yang dimotori Arif Budiman yang progaram utamanya adalah aksi pengecaman terhadap kenaikan BBM, dan korupsi.
Menyusul aksi-aksi lain dalam skala yang lebih luas, pada 1970 pemuda dan mahasiswa kemudian mengambil inisiatif dengan membentuk Komite Anti Korupsi (KAK) yang diketuai oleh Wilopo. Terbentuknya KAK ini dapat dilihat merupakan reaksi kekecewaan mahasiswa terhadap tim-tim khusus yang disponsori pemerintah, mulai dari Tim Pemberantasan Korupsi (TPK), Task Force UI sampai Komisi Empat.
Berbagai borok pembangunan dan demoralisasi perilaku kekuasaan rezim Orde Baru terus mencuat. Menjelang Pemilu 1971, pemerintah Orde Baru telah melakukan berbagai cara dalam bentuk rekayasa politik, untuk mempertahankan dan memapankan status quo dengan mengkooptasi kekuatan-kekuatan politik masyarakat antara lain melalui bentuk perundang-undangan. Misalnya, melalui undang-undang yang mengatur tentang pemilu, partai politik, dan MPR/DPR/DPRD.
Muncul berbagai pernyataan sikap ketidakpercayaan dari kalangan masyarakat maupun mahasiswa terhadap sembilan partai politik dan Golongan Karya sebagai pembawa aspirasi rakyat. Sebagai bentuk protes akibat kekecewaan, mereka mendorang munculnya Deklarasi Golongan Putih (Golput) pada tanggal 28 Mei 1971 yang dimotori oleh Arif Budiman, Adnan Buyung Nasution, Asmara Nababan.
Dalam tahun 1972, mahasiswa juga telah melancarkan berbagai protes terhadap pemborosan anggaran negara yang digunakan untuk proyek-proyek eksklusif yang dinilai tidak mendesak dalam pembangunan,misalnya terhadap proyek pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di saat Indonesia haus akan bantuan luar negeri.
Protes terus berlanjut. Tahun 1972, dengan isu harga beras naik, berikutnya tahun 1973 selalu diwarnai dengan isu korupsi sampai dengan meletusnya demonstrasi memprotes PM Jepang Kakuei Tanaka yang datang ke Indonesia dan peristiwa Malari pada 15 Januari 1974. Gerakan mahasiswa di Jakarta meneriakan isu "ganyang korupsi" sebagai salah satu tuntutan "Tritura Baru" disamping dua tuntutan lainnya Bubarkan Asisten Pribadi dan Turunkan Harga; sebuah versi terakhir Tritura yang muncul setelah versi koran Mahasiswa Indonesia di Bandung sebelumnya. Gerakan ini berbuntut dihapuskannya jabatan Asisten Pribadi Presiden.
[sunting] 1978
Setelah peristiwa Malari, hingga tahun 1975 dan 1976, berita tentang aksi protes mahasiswa nyaris sepi. Mahasiswa disibukkan dengan berbagai kegiatan kampus disamping kuliah sebagain kegiatan rutin, dihiasi dengan aktivitas kerja sosial, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Dies Natalis, acara penerimaan mahasiswa baru, dan wisuda sarjana. Meskipun disana-sini aksi protes kecil tetap ada.
Menjelang dan terutama saat-saat antara sebelum dan setelah Pemilu 1977, barulah muncul kembali pergolakan mahasiswa yang berskala masif. Berbagai masalah penyimpangan politik diangkat sebagai isu, misalnya soal pemilu mulai dari pelaksanaan kampanye, sampai penusukan tanda gambar, pola rekruitmen anggota legislatif, pemilihan gubernur dan bupati di daerah-daerah, strategi dan hakekat pembangunan, sampai dengan tema-tema kecil lainnya yang bersifat lokal. Gerakan ini juga mengkritik strategi pembangunan dan kepemimpinan nasional.
Awalnya, pemerintah berusaha untuk melakukan pendekatan terhadap mahasiswa, maka pada tanggal 24 Juli 1977 dibentuklah Tim Dialog Pemerintah yang akan berkampanye di berbagai perguruan tinggi. Namun demikian, upaya tim ini ditolak oleh mahasiswa. Pada periode ini terjadinya pendudukan militer atas kampus-kampus karena mahasiswa dianggap telah melakukan pembangkangan politik, penyebab lain adalah karena gerakan mahasiswa 1978 lebih banyak berkonsentrasi dalam melakukan aksi diwilayah kampus. Karena gerakan mahasiswa tidak terpancing keluar kampus untuk menghindari peristiwa tahun 1974, maka akhirnya mereka diserbu militer dengan cara yang brutal. Hal ini kemudian diikuti oleh dihapuskannya Dewan Mahasiswa dan diterapkannya kebijakan NKK/BKK di seluruh Indonesia.
Soeharto terpilih untuk ketiga kalinya dan tuntutan mahasiswa pun tidak membuahkan hasil. Meski demikian, perjuangan gerakan mahasiswa 1978 telah meletakkan sebuah dasar sejarah, yakni tumbuhnya keberanian mahasiswa untuk menyatakan sikap terbuka untuk menggugat bahkan menolak kepemimpinan nasional.
[sunting] Era NKK/BKK
Setelah gerakan mahasiswa 1978, praktis tidak ada gerakan besar yang dilakukan mahasiswa selama beberapa tahun akibat diberlakukannya konsep Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK) oleh pemerintah secara paksa.
Kebijakan NKK dilaksanakan berdasarkan SK No.0156/U/1978 sesaat setelah Dooed Yusuf dilantik tahun 1979. Konsep ini mencoba mengarahkan mahasiswa hanya menuju pada jalur kegiatan akademik, dan menjauhkan dari aktivitas politik karena dinilai secara nyata dapat membahayakan posisi rezim. Menyusul pemberlakuan konsep NKK, pemerintah dalam hal ini Pangkopkamtib Soedomo melakukan pembekuan atas lembaga Dewan Mahasiswa, sebagai gantinya pemerintah membentuk struktur keorganisasian baru yang disebut BKK. Berdasarkan SK menteri P&K No.037/U/1979 kebijakan ini membahas tentang Bentuk Susunan Lembaga Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Perguruan Tinggi, dan dimantapkan dengan penjelasan teknis melalui Instruksi Dirjen Pendidikan Tinggi tahun 1978 tentang pokok-pokok pelaksanaan penataan kembali lembaga kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
Kebijakan BKK itu secara implisif sebenarnya melarang dihidupkannya kembali Dewan Mahasiswa, dan hanya mengijinkan pembentukan organisasi mahasiswa tingkat fakultas (Senat Mahasiswa Fakultas-SMF) dan Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF). Namun hal yang terpenting dari SK ini terutama pemberian wewenang kekuasaan kepada rektor dan pembantu rektor untuk menentukan kegiatan mahasiswa, yang menurutnya sebagai wujud tanggung jawab pembentukan, pengarahan, dan pengembangan lembaga kemahasiswaan.
Dengan konsep NKK/BKK ini, maka peranan yang dimainkan organisasi intra dan ekstra kampus dalam melakukan kerjasama dan transaksi komunikasi politik menjadi lumpuh. Ditambah dengan munculnya UU No.8/1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan maka politik praktis semakin tidak diminati oleh mahasiswa, karena sebagian Ormas bahkan menjadi alat pemerintah atau golongan politik tertentu. Kondisi ini menimbulkan generasi kampus yang apatis, sementara posisi rezim semakin kuat.
Sebagai alternatif terhadap suasana birokratis dan apolitis wadah intra kampus, di awal-awal tahun 80-an muncul kelompok-kelompok studi yang dianggap mungkin tidak tersentuh kekuasaan refresif penguasa. Dalam perkembangannya eksistensi kelompok ini mulai digeser oleh kehadiran wadah-wadah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tumbuh subur pula sebagai alternatif gerakan mahasiswa. Jalur perjuangan lain ditempuh oleh para aktivis mahasiswa dengan memakai kendaraan lain untuk menghindari sikap represif pemerintah, yaitu dengan meleburkan diri dan aktif di Organisasi kemahasiswaan ekstra kampus seperti HMI (himpunan mahasiswa islam), PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) atau yang lebih dikenal dengan kelompok Cipayung. Mereka juga membentuk kelompok-kelompok diskusi dan pers mahasiswa.
Beberapa kasus lokal yang disuarakan LSM dan komite aksi mahasiswa antara lain: kasus tanah waduk Kedung Ombo, Kacapiring, korupsi di Bapindo, penghapusan perjudian melalui Porkas/TSSB/SDSB.
[sunting] 1990
Memasuki awal tahun 1990-an, di bawah Mendikbud Fuad Hasan kebijakan NKK/BKK dicabut dan sebagai gantinya keluar Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (PUOK). Melalui PUOK ini ditetapkan bahwa organisasi kemahasiswaan intra kampus yang diakui adalah Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT), yang didalamnya terdiri dari Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Dikalangan mahasiswa secara kelembagaan dan personal terjadi pro kontra, menamggapi SK tersebut. Oleh mereka yang menerima, diakui konsep ini memiliki sejumlah kelemahan namun dipercaya dapat menjadi basis konsolidasi kekuatan gerakan mahasiswa. Argumen mahasiswa yang menolak mengatakan, bahwa konsep SMPT tidak lain hanya semacam hiden agenda untuk menarik mahasiswa ke kampus dan memotong kemungkinan aliansi mahasiswa dengan kekuatan di luar kampus.
Dalam perkembangan kemudian, banyak timbul kekecewaan di berbagai perguruan tinggi karena kegagalan konsep ini. Mahasiswa menuntut organisasi kampus yang mandiri, bebas dari pengaruh korporatisasi negara termasuk birokrasi kampus. Sehingga, tidaklah mengherankan bila akhirnya berdiri Dewan Mahasiswa di UGM tahun 1994 yang kemudian diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di tanah air sebagai landasan bagi pendirian model organisasi kemahasiswaan alternatif yang independen.
Dengan dihidupkannya model-model kelembagaan yang lebih independen, meski tidak persis serupa dengan Dewan Mahasiswa yang pernah berjaya sebelumnya upaya perjuangan mahasiswa untuk membangun kemandirian melalui SMPT, menjadi awal kebangkitan kembali mahasiswa ditahun 1990-an.
Gerakan yang menuntut kebebasan berpendapat dalam bentuk kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik di dalam kampus pada 1987 - 1990 sehingga akhirnya demonstrasi bisa dilakukan mahasiswa di dalam kampus perguruan tinggi. Saat itu demonstrasi di luar kampus termasuk menyampaikan aspirasi dengan longmarch ke DPR/DPRD tetap terlarang.
[sunting] 1998
Gerakan 1998 menuntut reformasi dan dihapuskannya "KKN" (korupsi, kolusi dan nepotisme) pada 1997-1998, lewat pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa, akhirnya memaksa Presiden Soeharto melepaskan jabatannya. Berbagai tindakan represif yang menewaskan aktivis mahasiswa dilakukan pemerintah untuk meredam gerakan ini di antaranya: Peristiwa Cimanggis, Peristiwa Gejayan, Tragedi Trisakti, Tragedi Semanggi I dan II , Tragedi Lampung. Gerakan ini terus berlanjut hingga pemilu 1999.















GERAKAN mahasiswa dalam sejarah perubahan peradaban dunia berkali-kali telah menorehkan tinta emasnya. Dimulai pada awal abad ke-12 dengan berdirinya Universitas Bologna di Paris. Saat itu lebih dikenal dengan semboyan ‘Gaudeamus Igtiur, Juvenes Dum Sumus” (kita bergembira, selagi masih muda). Pergerakan mahasiswa senantiasa memberikan pencerahan baru dalam setiap sikapnya tak terkecuali di Indonesia, salah satu elemen yang turut membawa negara ini merdeka ialah kaum muda (baca: mahasiswa).

Gerakan pemuda di Indonesia ini dimulai dengan Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Namun, istilah pemuda tersebut mengalami spesialisasi dengan sebutan mahasiswa, sosok yang memiliki kadar intelektual tinggi. Hal ini sah-sah saja karena untuk mengadakan perubahan bangsa tidak cukup dengan semangat ‘muda’ dituntut juga intelektual yang mumpuni dan yang menjadikan nilai lebih mahasiswa adalah gerakan mereka relatif bebas dari berbagai intrik politik. Sebut saja kedudukan, jabatan dan bahkan kekayaan

Peran mahasiswa pada angkatan 66, 74 dan 98 telah memberikan label The Agent of Social Control. Apalagi perjuangan mereka tidak lain adalah penyalur lidah masyarakat yang tertindas pada masa rezim tertentu. Kekuatan moral yang terbangun lebih disebabkan karena mahasiswa yang selalu bergerak secara aktif. Seperti dengan turun ke jalan demi berteriak menuntut keadilan dan pembelaan terhadap hak-hak wong cilik.

Namun seiring perjalanan waktu gerakan mahasiswa akhir-akhir ini seperti kehilangan gregetnya, aksi-aksi penentangan terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak memihak rakyat tidak lagi mampu mengundang simpati mereka. Bahkan rakyat cenderung beranggapan -- mahasiswa cuma bisa ngomong dan demo melulu. Apalagi ditemukan beberapa kasus demo bayaran. Terlebih dengan ulah mahasiswa pada saat Pilkada di beberapa daerah akhir-akhir tahun ini. Belum lagi perilaku-perilaku negatif kian marak dibawa sebagian mahasiswa ke dalam lingkungan sekitar kampus, sehingga dengan memukul rata rakyat semakin yakin akan ‘kemunafikan’ mahasiswa.

Faktor-faktor eksternal di atas semakin kompleks dengan permasalahan internal yang dihadapi oleh hampir semua organisasi pergerakan yaitu sepinya kader baru. Kader sebagai SDM organisasi memegang peranan vital menyangkut mati hidupnya organisasi.

Hal ini disebabkan kebijakan pendidikan di Indonesia yang mulai berkiblat pada kapitalisme dan liberalisme. Pembatasan masa studi dan biaya SPP yang membumbung tinggi adalah bukti konkretnya.

Sudah saatnya para aktivis pergerakan mengubah orientasi dengan menegedepankan nuansa gerakan intelektual (intellectual movement) selain gerakan masa dalam menuntaskan cita-cita yang diawali dengan ikrar sumpah pemuda.

Secara hakiki, gerakan mahasiswa adalah gerakan intelektual—jauh dari kekerasan dan daya juang radikalisme. Mengingat, gerakan ini bermuara dari kalangan akademis kampus—cenderung mengedapankan rasionalitas dalam menyikapi perbagai permasalahan. Dalam perspektif penulis, gerakan intelektual (intellectual movement) akan terbangun di atas Trias Tradition (tiga tradisi).

Pertama, terbangun diatas tradisi diskusi (Discussion Tradition). Gerakan mahasiswa harus memperbanyak ruang diskusi—pra-pasca pergerakan. Diskusi akan membawa gerakan mahasiswa menjadi sebuah gerakan rasional dan terpercaya—ciri khas gerakan mahasiswa. Lantaran itu, elemen masyarakat secara umum akan lebih menghargai isu-isu diusung oleh gerakan mahasiswa.

Seperti dalam menurunkan demonstrasi, elemen gerakan mahaiswa harus mengkaji lebih detil—apa, mengapa, akibat dan latar belakang—kebijakan pemerintah harus ditentang. Dari kajian-kajian dalam bentuk diskusi lepas dengan mengundang para pakar dibidang-bidang berkaitan dengan agenda aksi, akan mampu melahirkan gagasan-gagasan dan analisa cemerlang.

Hari ini, Aktualisasi dan keakuratan data sangat penting bagi gerakan mahasiswa dalam mengkritisi dan bertindak. Sebagaimana kita ketahui zaman semakin maju sehingga dalam mengungkap sesuatu atau menghujam kritik harus berdasar, jelas, akurat dan terpercaya, tanpa itu sulit bagi gerakan mahasiswa dalam menyakinkan rakyat dalam menyalurkan aspirasi.

Kedua, terbangun diatas tradisi menulis (Writing Tradition). Aktivitas menulis merupakan salah satu gerbang menuju tradisi intelektual bagi gerakan mahasiswa. Sejak dulu sampai kini, tokoh dan intelektual bangsa Indonesia—bernotabene mantan tokoh aktivis pemuda dan mahasiswa, banyak melemparkan gagasan atau ide-ide cemerlang, kritikan tajam dan membangun wacana dalam bentuk tulisan.

Sebut saja nama tokoh-tokoh populer seperti, Bung Karno, Bung Hatta, M. Natsir—era pra kemerdekaan; Abdurrahman Wahid, Amien Rais, Nurcholis Madjid, Deliar Noer, Hariman Siregar, Arief Budiman—era 60 sampai 80-an; Anas Urbaningrum, Eef Saefulloh Fatah, Kamarudin, Andi Rahmat (era 90-an) dan lain-lain.

Bila kita balikkan ke pergerakan mahasiswa, mendukung dan menggalakkan melemparkan isu-isu lewat tulisan perlu perhatian serius. Karena, mewacanakan isu-isu melalui media cetak dapat dibaca oleh kalangan lebih luas—dalam artian lebih efefktif untuk menyebarkan gagasan atau wacana ke seluruh pelosok persada nusantara, bahkan sampai manca negara.

Hal ini bersinergi dengan peran mahasiswa Indonesia, meminjam istilah Michael Fremerey (1976) "Gerakan korektif", selain diorasikan melalui mimbar bebas dalam aksi demonstrasi juga dapat diwujudkan bagi tokoh-tokoh pergerakan mahasiswa dalam bentuk tulisan di Media Massa.

Lebih jauh, dalam buku Bergerak! (Peran Pers Mahasiswa dalam Penumbangan Rezim Soeharto) Satrio Arimunandar mengemukakan bahwa gerakan mahasiswa di Indonesia tak bisa lepas dari dukungan penuh media massa untuk menggapai hasil maksimum dalam perjuangan. Sebagai misal, momentum penurunan rezim Orde Lama (ORLA), gerakan mahasiswa di dukung koran mahasiswa populer "Mahasiswa Indonesia" atau ketika gerakan mahasiswa menurunkan rezim Orde Baru (ORBA) di dukung penuh Buletin Bergerak (Media Aksi Mahasiswa UI), dalam menyebarkan seputar agenda atau wacana gerakan mahasiswa. Hal ini penting, untuk membangkitkan naluri mahasiswa dalam perjuangan menumpas kezhaliman dan kebatilan.

Angin segar bagi pergerakan mahasiswa, akhir-akhir ini tulisan-tulisan tokoh-tokoh pergerakan mahasiswa (Ketua Umum Organisasi Kemahasiswaan atau Pemuda, Presiden Mahasiswa Universitas dan lain-lain) pernah menghiasi media massa, seperti Ubaidillah (Mantan Ketum PMII Cab. Ciputat) “Menuju Pemilu 2004 ” - Majalah UIN 24 pebruari 2004; Mamanto Fani (Ketua Umum KAMMI Daerah Sumbar 03-05) 'Mahasiswa Aceh Kembalilah'—24 februari 2005;

Selain itu, Yuli Widy Astono (Ketua Umum KAMMI Pusat 2005-2007) 'Nasionalisme Indonesia (Tawaran Membangun Trend Baru Gerakan Mahasiswa)'—majalah SAKSI 12 Oktober 2005; Azman Muammar (Ketua Umum BEM UI 2005-2006) 'Demokrasi Diambang Batas'—majalah SAKSI 28 September 2005; Irwan Suwandi SN (Presiden Mahasiswa UNAND) 'Orang Miskin Dilarang Sekolah'—Majalah SAKSI edisi Februari 2006; dan lain-lain.

Menyikapi tulisan-tulisan diatas, penulis berani berspekulasi bahwa tulisan-tulisan para tokoh aktivis pergerakan mahasiswa (Ketua Umum Organisasi Kemahasiswaan atau Pemuda, Presiden Mahasiswa dan lain-lain) tersebut sangat berarti dan berpengaruh bahkan bisa menjadi acuan bagi pergerakan mahasiswa Indonesia.

Ketiga, terbangun diatas tradisi membaca (Reading Tradition). Aktualisasi isu sangat penting bagi gerakan mahasiswa dalam bergerak. Begitu cepat pergeseran berita dan opini publik, memaksa kita untuk senantiasa membaca—kalau tidak akan tertinggal. Kesibukan bukan alasan tepat untuk tidak membaca, di mana atau kapan pun bisa kita luang waktu untuk membaca—antri mengambil karcis, di bus, menjelang demonstrasi dan lain-lain.

Sebuah harapan, gerakan mahasiswa juga bisa mewacanakan semacam 'Gerakan Gemar Membaca" dan disosialisasikan secara luas. Cara ini, dapat menunjukkan gerakan mahasiswa ikut membantu pemerintah dalam membuka kunci gembok kebodohan serta berperan menyelesaikan problem pendidikan Indonesia nyaris tak kunjung terselesaikan ini.

Dari berbagai permasalahan yang dihadapi dunia pergerakan, mahasiswa dengan pergerakannya perlu mengubah paradigma perjuangannya untuk tetap bisa eksis sehingga rakyat kembali menaruh kepercayaan.

Tema-tema perjuangan dan gerakan moralitas, pencerdasan kaum pinggiran, pengentasan kemiskinan serta isu-isu sosial lainnya akan lebih terasa dampak manfaatnya terhadap masyarakat kita. Jika selama ini sumbangsih pergerakan mahasiswa sebatas usulan, demo dan pengontrol maka ke depannya dituntut sebagai pelaku dan bahkan mungkin penentu.

Namun perubahan paradigma dunia pergerakan mahasiswa hendaknya tidak mengurangi fungsinya sebagai The Agent of Social Control serta motor penggerak pembaharu yang tetap peduli dan berpihak kepada masyarakat bawah karena sampai kapan pun mahasiswa dengan semangat mudanya akan tetap memegang peranan penting dalam mengontrol kebijakan-kebijakan publik agar tetap memikirkan akar rumput dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Salam perjuangan...
Diposkan oleh Ogie Soegiyono di 10.24
Label: Kajian Nusantara
4 komentar:
Anonim, 8 Agustus 2009 05.06
assalamualaikum. mas, ada salah satu teman saya kurang setuju tentang ke depannya dituntut sebagai pelaku dan bahkan mungkin penentu. karena ia menilai bahwa pelaku seharusnya hanya orang2 yang berkepentingan saja. adapun saya sendiri setuju dalam batasan bahwa mahasiswa bergerak sebagai pelaku hanya dalam membangun basis massa, dan bukan sebagai penentu. menurut asumsi mas sendiri, kenapa sampai dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa diharuskan menjadi pelaku dan sekaligus penentu. terima kasih. wassalammualaikum.
















BERBEDA dengan yang lain, mahasiswa merupakan predikat tertinggi bagi orang yang masih mengais pengetahuan. Mahasiswa mempunyai peran signifikan di tengah masyarakat, bangsa dan negara. Dalam sejarahnya, pergerakan mahasiswa telah melakukan banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan. Yang sangat lekat di benak kita adalah fenomena tumbangnya orde baru di mana pergerakan mahasiswa memiliki peran strategis dalam prosesnya.

Sampai detik ini gerakan mahasiswa terus berada di depan untuk mengawal perubahan baik dalam masalah ekonomi, sosial, politik pemerintahan, pendidikan, dan semacamnya. Pergerakan semisal meneliti, mengkritisi, menuntut, menentang, bahkan menolak kebijakan-kebijakan yang dilihat tidak sesuai dengan nurani masyarakat atau menyimpang dari undang-undang yang berlaku telah menjadi ritual wajib bagi mahasiswa.

Jelas, gerakan mahasiswa yang didominasi oleh para pemuda yang memiliki watak orang muda tak lain adalah menginginkan perubahan. Pada konteks inilah mahasiswa akan terlihat jelas apakah mampu meraih kesaktian dengan predikat agent of social change and control.

Oleh sebab itu, detik ini adalah waktu yang tepat untuk membangun kembali spirit pergerakan mahasiswa mengingat problema yang dihadapi masyarakat semakin kompleks. Kebutuhan masyarakat akan ide-ide segar anak bangsa semakin mendesak. Bukanlah saatnya sebuah pergerakan mahasiswa bergantung pada momentum atau instansi yang tidak bertanggung jawab, karena ketergantungan terhadap momentum dan instansi tersebut hanya akan membuat gerakan menjadi statis. Pada gilirannya akan menghambat tercapainya perjuangan dalam membangun gerbang pencerahan (enlightment).

Tiga dimensi

Kini, mahasiswa dituntut untuk sadar akan tujuan awal dari pada pendidikan yang sedang digeluti. Pendidikan tak lain bertujuan untuk mensejahterkan dan mengembangkan masyarakat (community development).

Dalam dunia pendidikan saat ini, ribuan dan bahkan jutaan mahasiswa yang memiliki kecerdasan luar biasa, memiliki prestasi yang menggunung dan motivasi serta etika yang membanggakan. Mereka adalah generasi muda yang kreatif, inovatif dan bahkan visioner yang siap menjadi pionir di bidangnya masing-masing.

Pada pundak mahasiswa nasib rakyat dipertaruhkan. Lantas apa yang harus menjadi ikon utama dari visi misi eksistensi pergerakan mahasiswa saat ini agar benar-benar mampu merealisasikan harapan dan mimpi-mimpi rakyat?

Setidaknya, dalam gelora pergerakan mahasiswa harus mencerminkan beberapa bentuk sebagai penopang pergerakan yang akan dilakoni. Pertama: intelektualitas. Mahasiswa adalah kaum terpelajar yang dituntut bersikap rasional, arif dan bijak. Tidak anarkis karena bahasa kekerasan tidak pernah diajarkan dalam lingkungan kaum akademisi. Kekerasan, dalam kamus apapun, tidak akan pernah ditulis sebagai jalan yang harus ditempuh, kecuali kamus bangsa Barbar yang hobi perang.

Kedua: orientasi dan kultur. Hal ini penting sebagai rujukan untuk mentransendensikan hati nurani mahasiswa, bagaimana gerakan mahasiswa tidak lagi bersifat ritual temporal melainkan ikut membantu masyarakat terhadap problem-problem yang mengakar demi menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan (future orientation).

Ketiga: program gerakan mahasiswa yang bermakna strategis-taktis. Dalam artian, apa yang menjadi primary meaning harus benar-benar dimaksimalkan. Jangan sampai gerakan mahasiswa hanya menjadi suguhan tarian semata, akan tetapi dapat merubah kebijakan-kebijakan yang kurang tepat untuk rakyat.

Harus diingat bahwa dalam rentetan sejarah pergerakan mahasiswa memiliki fokus, karakteristik dan spiritnya masing-masing. Pergerakan mahasiswa angkatan 66 berusaha untuk membumikan isu otoritarian state dengan “Ikon Tritura”. Angkatan 74 mengusung isu NKK/BKK dengan “Ikon Otonomisasi”. Angkatan 78 mengangkat isu perlunya merealisasi demokrasi, transparansi, akuntabilitas, bahkan pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dengan “Ikon menolak Soeharto sebagai calon presiden”. Angkatan 98 mengumbar isu reformasi dengan “Ikon enam visi reformasi”. Angkatan 2001 dengan isu reformasi jilid 2 berikon “Demokratisasi”.

Ketiga dimensi di atas harus dijadikan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, sehingga pergerakan mahasiswa dapat menampilkan citra positif dan meyakinkan kepada publik bahwa setiap zaman melahirkan generasi zamannya dan generasi kini biasa “mengejutkan” generasi sebelumnya. Lawan mahasiswa hanya satu: ketidakadilan. Kawannya juga satu: kebenaran untuk membela rakyat.















Pergerakan mahasiswa dari masa ke masa mengalami dinamika sosial yang berbeda beda, serta masing masing waktu mempunyai jiwa zamanya sendiri seperti pergerakan mahasiswa dari tahun 1966 -1998 atau hingga saat ini pergerakan mahasiswa masih mencari bentuk sesuai dengan karakteristik zamanya, berikut adalah masing masing dinamika pergerakan mahasioswa sesuai dengan karakteristiknya :

Gerakan mahasiswa 1966

Gerakan mahasiswa tahun 1966 dapat dikatakan sebagai gerakan moral yang dipolitisir situasi politik internasional memang sangat mempengaruhi politik nasional karena pada dasarnya pemimpin tidak dapat berpangku tangan seperti keterlibatan dengan blok barat dengan timur, misalnya blok timur yakni muso menghendaki aliansi dengan unisofiet yang kemudian diterapkan menjadi peristiwa madiun 1948, sedangkan kelompok yang cenderung kebarat dipimpin oleh soekiman perdana mentri yang pada saat itu menandatangani perjanjian MSA dengan amerika.

Tetapi kabinet soekiman dijatuhkan ,tetapi dalam hal ini Amerika maih terus menekan ke indonesia seperti dengan meletusnya PRRI Prasemesta 1956, yang saat itu didukung oleh Masyumi dengan PSI serta peran amerika sebagai pemasok amunisi utama, selain itu RI masih memiliki program yang menyita perhatian seperti tahun 1962 pembebasan irian barat dari belanda setelah itu pada tahun 1964 Soekarno melancarkan konfrontasi dengan malaysia , keseluruhan hal itu menyebabkan perekonomian nasional merosot yang sebelumnya tidak pernah diperhatikan secara signifikan.

Akhir tahun 40 an hingga tahun 50 an , muncul berbagai ormas mahasiswa diawali dengan berdirinya HMI (5 feb 47), Perhimpunann mahasiswa Kristen Indonesia(PMKI) 25 mei 47 , Gerakan mahasiswa nasional Indonesia (GMNI) 23 Maret 54, Central Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI) 1956, meskipun ormas tersebut dalam hal ini tercatat terdapat hubungan khusus antara Ormas dengan partai politik tertentu baik yang Se Ideologi atau Anderbouw, mis: antar HMI dgn Masyumi, PMKI dgn Parkindo, GMNI dgn PNI, CGMI dgn PKI,dapat di identifikasi.

Karakteristik gerakan dan keterlibatan elemen

Gerakan 1966 tercirikan dengan TRITURA ( Tri Tuntutan Rakyat ) tuntutan itu berupa , Bubarkan PKI , Retool Kabinet Dwikora, turunkan harga barang. Kemudian dideklarasikan tepat pada hari kebangkitan mahasiswa Indonesia, 10 juni 1966, mereka mengatakan bahwa gerakan atau tuntutan itu bukan untuk mahasiswa tetapi rakyat Indonesia. mahasiswa melakukan mogok kuliah tanggal 11 januari 1966 sampai ketiga tuntutan tersebut dikabulkan , dalam hal ini mahasiswa tidak hanya demo di pemerintahan nasional saja tetapi juga . kedutaan asing seperti Cina,dan Amerika.

Aksi mereka murni dan pada pertemuan 18 januari 1966 KAMI bertemu dengan Soekarno serta Kami berpendapat, mendukung sepenuhnya bungkarno untuk meningkatkan persatuan dan kkesatuan bangsa, mengembalikan tri unsure kekuatan antara Rakyat ABRI, Bungkarno, dan stetmen bahwa Aksi KAMI bukan tuk menyerang pribadi soekarno tetapi keadaan politik secara umum.

Keaaan semakin memanas ketika keadaan mahasiswa semakin mencuat dengan suatu saat mahasiswa mendekat ke Istana dengan menghadapi blokade cakrabirawa, dan terjadi penembakan oleh salah seorang demonstran, Arief rahman hakim, yang kemudiaan gugur sebagai pahlawan mahasiswa.

Sampai akhirnya KAMI dibubarkan tanggal 25februari 1986, tetapi gerakan kemahasiswaan terus berjalan dengan dibentuknya laskararier Rahman hakim yang terdiri dari 42 universitas serta peguruan tinggi, dengan bantuan RPKAD dan Kostrad sampai bulan maret gerakan masih intensif, sampai 10 maret lascar Ampera melakukan aksi besar besaran , saat itulah RPKAD Dipimpin oleh Kemal idris mengepung istana saat itu :

Soeharto menekan Soekarno agar melimpahkan kekuasaanya pada Soeharto dan soekarno menyetujuinya ,saat dipimpin Soeharto menyetujui tuntutan tersebut dengan membubarkan PKI ,mendengar kabar itu para tokoh KAMI bersuka ria.

Angkatan 1966 dimunculkan sebagai rujukan yang memperjuangkan idealisme , tapi selama ORBA berkuasa angkatan terrebut mendapat fasilitas serta peran yang cukup memadai sebab orba sangat berhimpitan dengan sejarah gerakan mahasiswa angkatan 1966, sehingga kedunya sangat membutuhkan.


Gerakan Mahasiswa 1974

Gerakan pada masa ini sangat identik sekali dengan Peristiwa januari 1974 sebagai wujud perpecahan antara ORBA dengan mahasiswa , Orba merupakan titik balik dari melemahnya KAMI sebagai wadah aksi bersama mahasiswa indonesia, pergerakan mahasiswa tahun 1974 diawali dengan mulai dihidupkanya kembali kelompok diskusi yang pernah di cetuskan sebelumnya dengan nama Cibulan saat ini muncul kembali dengan nama kelompok diskusi cipayung dengan didalamnya tergabung beberapa elemen pergerakan yakni HMI, GMNI, PMKRI, dan GMKI.

Pada tanggal 22 januari 1972 motif mereka adalah mempertahankan kebrsamaan, menghidupkan solideritas mahasiswa , mendekatkan persepsi tentang masalah masalah nasional dan menyamakan pandangan tentang masa depan. dalam masa ini berkembang juga penolakan atas proyek TMII, mahasiswa jakarta bandung membuat kelompok-kelompok aksi adhoc seperti gerakan penghematan, gerakan aksi sehat(GAS), dan gerakan penyelamat uang rakyat.

Setelah itu kondisi pergerakan mahasiswa mulai bangkit kembali dengan aksi demo menjamah berbagai lembaga dan masalah penting ,ASPRI, Bappenas, kedutaan Jepang, Badan Kordinasi Penanaman Modal, dijadikan sasaran atas adanya penanaman modal asing , serta menlenyapkan kebangsaan nasional .

Setelah itulah tercipta kondisi yang meyakinkan kepada mahasiswa untuk mengoreksi serta memprotes penguasa pemerintah dan segenap tatanan kekuasaan berserta produk di sepanajang pelita pertama. Sampai puncaknya tanggal 23 januari 1974 dengan adanya rapat kerja dewan mahasiswa UI dengan hasil tanggung jawab mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat.

Keterkaitan dengan itu secara terbuka menyatakan penolakan atas dominasi produk jepang di indionesia , para tokoh mahasiswa mengajak agar para masyarakat menyambut tanaka jepang dengan memasang bendera setengah tiang pada 15 januari. Aksi dipindahkan kekampus trisakti dengan melewati daerah monas sewaktu apel berangsung terjadi pembakaran , kerusuhan kendaraan serta toko.

Akibatnya 9 orang meningal serta 23 dampaknya dengan perekonomian sangat buruk seperti ditutupnya bebrapa koran kurang lebih 700 orang di tahan polisi kemudian beberapa orang ditahan ,saat itu lah karakteristik gerakan ini dikenal dengan sebutan MALARI (Malapetaka 15 Januari)


Gerakan Mahasiswa 1978

Gerakan mahasiswa setelah gerakan angkatan 1966 dengan 1974, mulai meredup karena telah mulai banyaknya peraturan pemerintahan yang mengikat dunia kemahasiswaan diantaranya penyeragaman ideologi melalui TAP MPR no,II/MPR/1978 diberlakukan penataran P4 dengan metode indoktrinasi. serta peraturan lainya yang terkait dengan kebijakan kampus seperti KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Tapi saat tahun 1978 mahasiswa mulai mengetahui ada yang dipaksaan pada pemerintahan saat itu. Karakteristik mahasiswa tahun 1978 mereka melakukan aksi protes dengan banyaknya batasan-batasan sehubungan dengan kebijakan pemrintah, dipertegas lagi oleh kabar dari senayan bahwa Suharto bakal dipilih lagi menjadi presiden RI. Bertepatan dengan hal itu DPRD Jawa Barat membuat pernyataan pencalonan kembali Suharto sebagai presiden RI. Mendengar itu, kurang lebih 1000 mahasiswa ITB turun ke jalan. Pada 16 Januari 1978 mereka mengadakan apel siaga mengenai pernyataan sikap mahasiswa ITB tidak mengingginkan Suharto kembali menjadi presiden RI.

Aksi mahasiwa merambah ke kota besar lain, seperti Yogyakarta, dan Surabaya. Jelas aksi gerakan mahasiswa 1978 menggoyahkan kemapanan pemerintahan orde baru. Walaupun begitu tetap akhirnya gerakan ini digagal kan kerena memang skupnya masih dalam sekala terbatas.

Gerakan Mahasiswa 1980 sampai 1990

Gerakan masa Setelah gerakan 1978 mulai dibendung oleh pemerintah dengan banyaknya peraturan mengenai kehidupan kampus serta pergerakanya seperti semenjak ada peraturan bahwa peran dari setiap kelembagaan mahasiswa setelah dibentuknya KNPI tahun 1973 yang menyatakan semua organisasi ekstrakampus harus bernaung dibawah KNPI di kontrol oleh Menpora , kemudian hambatan pergerakan ditahun ini diberlakukanya Dewan mahasiswa sejak 28 januari 1978 yang melumpuhkan Ormawa ditingkat universitas maupun nasional, kebijakan ini sesuai dengan instruksi mendikbud No.01/U/1978 dan SK Mendikbud 07/U/1979, yang menghapuskan DM dewan mahasiswa serta membatasi kegiatan kemahasiswaan hanya dalam bidang kesejahteraan , rekreasi serta kegiatan kegiatan akademik serta intelektual.

Kemudian pada puncak nya dengan di berlakukanya NKK/BKK Normalisasi Kegiatan Kampus dan Badan Kordinasi Kemahasiswaan,yang lebih banyak bermuatan politis dari pada edukatif , dalam hal ini proses penertiban terhadap mahasiswa sampai dua dekade berikutnya tidak menglami masalah.

Dengan ketetapan SK MENDIKBUD No.0156/U/78, pada intinya peraturan ini melarang segala macam bentuk politik serta mengaplikasikanya yang diperbolehkan hanya perbincanganya tanpa aksi langsung ke lapangan, kemudian dirgen pendidikan tinggi juga menginstruksikan semua aktivitas kemahasiswaan dibawah pembantu Rektor 3 dibantu dekan 3, pemberlakukan NKK/BKK juga menimbulkan fenomena Militerisasi kampus, jadi semenjak tahun 1980 sampai 1990-an mahasiswa dijauhkan kepada rakyat karena berbagai keputusan tersebut maka di jenjang tahun tersebut timbulah diskusi – diskusi yang terbangun disetiap kampus.

Serta dalam aspek keadaan sosial ekonomi di indonesia berjalan dengan baik tanpa masalah di mata rakyat yang tanpa di sadari oleh rakyat pemimpin yang sedang berkuasa selalu menutup kekurangan pembangunan dengan pimjaman luas negri.

Gerakan Mahasiswa 1998

Gerakan ini terkenal sebagai gerakan perubah tatanan pemerintahan dari yang diktaktor pribadi ke araH revormis, penurunan Soeharto bersama rezimnya ORBA membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap keadaan kehidupan politik sosial , budaya, gerakan mahasiswa tahun 1998 yang berhasil meruntuhkan rezim orde baru merupakan kumpulan dari semua kekecewaan dan ketidakpuasan mahasiswa terhadap pemerintah.

Kekecewaan dan ketidakpuasan tersebut ahirnya membuncak setelah 32 tahun menjbat dan terjadilah gerakan mahasiswa 1998 yang mengusung agenda reformasi. Terdapat Karakteristik gerakan mahasiswa 1998 yang berbeda dengan angkatan sebelumnya yaitu mereka berani Menerobos pagar kampus, Menolak bantuan ABRI, adanya persamaan tujuan yaitu Reformasi , Tujuan dari gerakan mahasiswa 1998 yaitu ingin menurunkan rezim orde baru karena telah berbuat kehancuran Negara yang sangat signifikan serta banyak penyelewengan dalam berbagai aspek dalam menjalankan pemerintahanya selama beberapa dekade terakhir.

Perjuangan mahasiswa 1998 dimulai saat kondisi ekonomi Indonesia pada saat itu sedang mengalami krisis moneter serta telah adanya keputusan bahwa soeharto menjabat lagi untuk lima tahun mendatang disampaing itu semua elemen yang menentang kediktaktoran dari soeharto turun kejalan untuk menyeruarakan revormasi
Kondisi social politik yang brkecamuk saat itu sangat amburadul dengan banyaknya terjadi kerusuhan di berbagai tempat, pembakaran , penjarahan bahwan pemerkosaan terhadap orang–orang keturunan tionghoa, situasi menjadi kacau balau , sampai puncaknya terjadi Tragedi semanggi I dan II dimana dalam tragedi tersebut menewaskan 4 mahasiswa Trisakti yang ditembak oleh aparat keamanan dan puluhan mahasiswa yang terluka .

Mahasiswa juga sempat menduduki dan menyandera gedung MPR/DPR selama 2 hari. Namun hasil dari jerih payah dan pengorbanan mahasiswa terbayar lunas ketika pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto menyatakan mundur dari jabatan Presiden dan menyerahkannya kekuasaannya kepada B.J. Habibie.

Tetapi pergerakan mahasiswa tidak hanya berhenti sampai Saat itu setelah masa kekuasaan selanjutnya mahasiswa masih terus bergerak melawan penyelewengan serta penindasan rakyat.

Dinamika pergerakan mahasiswa hingga saat ini masih terus bergulir saling berganti sesuai dengan jiwa zamanya , tetapi terkadang kalau melihat realitas pergerakan mahasisswa saat ini bukan lagi mahasisswa yang berpolitik tetapi politikus yang memegang kartu mahasisswa karena tanpa disadari hingga kini pergerakan yang dianggap murni dari mahasiswa ternyata terdapat kepentingan lain dibelakangnya, sekarang tinggal idealis kita untuk tetap menjunjung moralitas pergerakan mahasiswa.






















Garis Perak Sejarah Pergerakan Mahasiswa : Sebuah Narasi
“Only a nation with self-reliance can become a great nation”
[Soekarno, Presiden Pertama RI]
Orang bijak pernah berkata bahwa besarnya visi adalah lambang keoptimisan. Mungkin inilah yang dirasakan bangsa kita, saat kita menyatakan visi untuk menjadi negara superpower baru tahun 2030 dalam tataran kehidupan global dunia. Namun merealisasikan sebuah visi bukanlah semudah membalik telapak tangan. Perlu ada bab-bab rancangan yang jelas untuk menjadi kompas perjalanan menuju visi itu.
Perjalanan tahun 2030 memang masih menunggu waktu, namun bukan berarti diam. Indonesia butuh bergerak lewat aktor-aktor penting yang bermain didalamnya. Sejarah Indonesia telah membuktikan, peran aktor-aktor tersebut selalu diisi oleh mahasiswa yang telah menjelma menjadi manusia paripurna dalam kehidupan masyarakat.
Di dunia nyata, bervisi tanpa beraksi adalah hal yang sia-sia. Tetapi untunglah Ibu pertiwi kita masih belum lelah untuk melahirkan manusia-manusia hebatnya ke nusantara. Manusia itu hanya mengenal aksi-aksi luar biasa didalam hidupnya, yang secara tidak langsung memberikan keharuman nama untuk negara ini. Di waktu sejarahnya, mereka telah memberikan kontribusi terbesarnya untuk memalu anak-anak tangga menuju visi besar Indonesia di masa yang akan datang.
Dalam ruang dan waktu ke-Indonesia-an, anak tangga ini belumlah selesai. Sehingga tidak dapat dinafikan lagi bahwa masih dibutuhkannya pasokan manusia-manusia hebat yang bermental nasionalis dan berkompetensi tinggi untuk melanjutkan anak-anak tangga yang telah dibuat para pendahulunya. Siapakah mereka? Tentu saja merekalah yang memiliki jiwa kritis yang tinggi dan terlepas dari segala macam kepentingan: mahasiswa.
Mari dimulai pada bab kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Kemerdekaan Indonesia bukanlah dari “hadiah” dari penjajah, tapi Indonesia merdeka karena hasil perjuangan manusia-manusia hebat di dalam sejarahnya. Manusia yang memiliki transformasi ilmu-ilmu eksakta dan sosial untuk membangun negerinya, manusia yang didalam jiwanya terpatri jiwa nasionalisme yang tinggi dan terbalut dalam spiritualitas yang tak pernah diragukan lagi. Entah waktu itu istilah “mahasiswa” telah digunakan atau belum, tapi yang pasti nama itulah yang pantas disematkan untuk mereka karena mereka memenuhi kriterianya.
Maka tersebutlah nama Soekarno, Muhammad Hatta, Tan Malaka, Sutan Syahrir, Muhammad Natsir, Muhammad Yamin, dan sederet cendekiawan lainnya yang seperti dikatakan oleh Anis Baswedan sebagai pengisi Ruling Class Tahap Pertama. Mereka bergerak dalam porsi keberanian melawan penjajah dalam bentuk fisik. Romantikanya dipenuhi oleh gebrakan-gebrakan luar biasa yang menjadi sebuah inspirasi hingga kini. Ada diantara mereka yang menggunakan cara radikal dan ada yang menggunakan cara moderat, memberikan batu pondasi sebagai pelajaran masa depan pergerakan mahasiswa. Begitulah bara api sejarah bangsa Indonesia mengajarkan kita.
Mari beralih pada bab yang satunya lagi. Ada lagi romantika lain dari negeri Indonesia yang tidak kalah pentingnya. Sebuah romantika dalam sejarah kehidupan berbangsa Indonesia untuk menumbangkan penguasa yang diktator dalam fungsi, peran dan posisinya sebagai pemerintah dalam negara demokrasi ini. Inilah kisah yang disebut para aktor-aktor Mahasiswa tahun 1998 sebagai “Masa Reformasi”.
Bersama puluhan tokoh pembaharu Indonesia, ribuan mahasiswa menjadi partikel-partikel dalam lautan aksi di depan gedung MPR berdekap fisik dengan polisi bukan untuk bergagah- gagahan, namun mereka memperjuangkan sebuah apa yang mereka sebut dengan “perubahan”. Ada warna almamater kuning, hijau, biru, merah, abu-abu, yang menjadi paduan warna menarik dalam nuansa keringat dan darah waktu itu.
Disana ada calon dokter, ada calon insinyur, ada calon saintis, ada calon sosiolog, ada calon diplomat, ada calon pengacara, dan ada calon-calon lainnya, yang sebenarnya kalau mereka mau, waktu itu bisa mereka gunakan untuk bersantai-santai di depan TV di rumah mereka, memberikan komentar layaknya komentator sepak bola TV yang handal untuk bercuap-cuap ria mengkritik pemerintah. Tapi mereka tidak melakukannya.
Dengan semangat idealisme yang tidak pernah padam, mereka menyingsikan lengan almamater mereka, bergandeng tangan untuk terus maju memberikan suara perubahan. Mereka sadar, mungkin bisa jadi saat itu adalah waktu akhir dari hidup mereka. Inilah kontribusi terbesar yang dapat mereka berikan untuk bangsa Indonesia. Mereka hanya tahu bahwa semangat mereka jauh lebih besar daripada kelelahan mereka saat itu.
Mereka mengatasnamakan rakyat Indonesia menuntut sebuah keadilan dan kebenaran, yang waktu itu hanya menjadi sebuah kamuflase yang diatur secara cerdik dan licik oleh para bedebah negeri Indonesia. Walhasil, dari sinilah titik baru dimulai. Sebuah turning point untuk membangkitkan Indonesia dari rezim “tirani” menuju “demokrasi”. Demokrasi yang bukan hanya dari refleksi dari cermin kebohongan saja, namun kembali pada makna yang seperti dikatakan oleh Aristoteles sebagai pemerintahan yang bersumber dari rakyat kepada negara.
Dari sinilah, bab pergerakan mahasiswa bertambah tugasnya, kini mahasiswa bukan hanya dituntut untuk mampu turun kejalan menyuarakan kebenaran ilmiah saja, namun kini pergerakan mahasiswa telah menambah bab-nya tersendiri, menuju suatu bab baru yang lebih menantang, yaitu bab pergerakan peningkatan kompetensi dan pergerakan nyata pada masyarakat.

By: Asrul

0 komentar: